Motto..

Hidup itu tidak selalu senang.. Tidak selalu sedih juga..

Kadang berada diatas dan seringkali berada di titik terendah..

Seperti roda yang berputar, hidup selalu berputar tak mengenal waktu..

Ada dua motto hidup yang selalu aku pegang teguh, keduanya berasal dari papa yang sangat bijaksana.. Inilah moto hidupku :

1. “Lakukanlah apa yang paling kamu takutkan dalam hidup (hal-hal positif tentunya)”

2. “Kedua orang tuamu kaya, bukan kamu yang kaya. Begitu pula bila kedua orang tuamu miskin, bukan kamu yang miskin. Yang harus kamu lakukan adalah bekerja keras.”

Untuk melakukan hal yang takut aku lakukan adalah tantangan yang luar biasa dalam hidup. Aku bukan orang yang berani tampil di depan umum. Aku juga bukan orang yang bisa cepat beradaptasi dengan orang-orang yang baru. Lebih tepatnya aku cenderung pasif dalam berhubungan dengan orang lain. Tapi ada satu titik dimana aku harus melakukan sesuatu yang baru, dipaksa untuk bertemu dan bekerjasama dengan orang-orang baru, beradaptasi dengan lingkungan yang baru, dan banyak contoh lainnya. Pelajaran pertama ini lebih banyak terasa manfaatnya setelah memasuki jenjang kuliah.

Aku memilih Teknik Industri UPH, entah kenapa aku yakin dengan pilihan itu dari awal aku mendaftar ke UPH. Tak ada perasaan takut salah memilih jurusan dan sebagainya, sebaliknya tenang sekali. Aku diterima dan akhirnya aku bertemu dengan banyak teman-teman baru. Semester dua aku lupa bagaimana tepatnya aku bisa berkenalan dengan orang-orang yang mengurusi “UPH Connection”. Aku belajar mengenal sifat orang, belajar bekerjasama dalam tim, dan terutama belajar mengatasi rasa takut untuk berbicara dengan orang yang tak dikenal sebelumnya. Selama menjadi redaksi, seringkali aku ditugaskan untuk meliput acara tertentu bahkan mewawancarai orang-orang penting di UPH. Rasa takut itu ada, rasa takut itu muncul begitu saja, tapi aku berusaha mengalahkan rasa takut itu. Dan itu adalah proses pembelajaran yang tidak terukur sampai aku menjadi audi yang sekarang. Menurut beberapa teman, aku adalah orang yang pemberani. Orang yang tak suka berasumsi dan tak segan untuk bertanya tentang hal-hal yang unik, krusial bahkan aneh sekalipun. Memiliki banyak teman bahkan mengenal banyak dosen diluar dosen-dosenku di Teknik Industri. Semua itu disebabkan karena aku dapat mengalahkan rasa takutku. Diperlukan proses yang tidak sebentar, proses yang panjang dan menyakitkan, tetapi semua itu membuahkan hasil. Tentu aku yang sekarang ini juga tetap harus terus belajar. Banyak hal dalam hidup ini yang perlu dimengerti dengan hati bukan hanya dengan logika. Berurusan dengan hati, lanjutlah ke pelajaran kedua.

Pelajaran kedua dimana aku diajarkan untuk menjadi diriku sendiri. Bukan apa kata orang tentang diriku. Aku punya rasa minder yang luar biasa, entah apa penyebabnya. Salah satunya mungkin karena aku merasa aku tidak memiliki kemampuan yang bisa membuat orang tuaku bangga terhadap diriku. Semua yang ada pada diriku, standar, pas, rata-rata. Tapi orang tuaku adalah orang tua yang sangat bijaksana. Mereka mengatakan “Kedua orang tuamu kaya, bukan kamu yang kaya. Begitu pula bila kedua orang tuamu miskin, bukan kamu yang miskin. Yang harus kamu lakukan adalah bekerja keras.” Kata “kaya” disini bisa diganti dengan berbagai macam kata lainnya, seperti pintar, berhasil, diberkati, dan lain-lain. Mereka terus mendorong aku untuk mencari tahu jati diriku yang sebenarnya. Mencari apa talentaku yang sebenarnya, dimana letak kekuatan dan kelemahanku. Mereka benar-benar kedua orang tua yang luar biasa. Dari situ aku mulai memahami bahwa aku tidak perlu takut, tidak perlu minder, karena setiap orang memang diberikan talentanya masing-masing. Aku menyukai membaca, aku menikmati pada saat aku mengabadikan suatu momen tertentu, aku suka menuangkan pikiran-pikiranku dalam tulisan dan mereka mendukung aku untuk melakukannya. Disinilah pelajaran dengan hati dimulai. Kemana saya melangkah, apa yang harus saya lakukan, keputusan apa yang harus kuambil. Pelajaran hati ini jauh lebih rumit dibandingkan dengan hal-ha yang berurusan dengan logika. Tetapi logika dan hati harus berjalan sejajar, tak boleh timpang, karena itulah yang membuat hidup kita berwarna.

Orang melihat aku sebagai sosok yang selalu kuat, selalu tegar, selalu mandiri dan dapat diandalkan dalam hal apapun. Tetapi aku selalu menyembunyikan perasaan sedihku, marah, kecewa untuk diriku sendiri. Aku cuma bisa menangis lalu kembali bangkit menyongsong hari yang baru. Jangan biarkan emosi mengalahkan logikamu karena pada saat emosimu menang itu adalah awal dari kejatuhanmu. Menangislah pada saat kamu sedih, dan tertawalah pada saat kamu senang. Tetapi jangan pernah bersedih sampai berkelanjutan dan senang sampai terlalu senang. Semua itu harus balance.

Last but not least.. Jangan pernah batasi kehendak Tuhan atas hidupmu. Semua yang terjadi gak ada yang kebetulan. Semua adalah proses untuk mendewasakan kita. Proses yang sakit untuk kita lalui supaya kita makin bertambah dewasa. Jangan mengeluh tetapi menangislah kepada Dia yang paling mengerti segala kesulitan dan kebutuhan kita. Berserah, pasrah, tetapi kita masih diberikan pilihan-pilihan untuk kita jalani.

Semangat!!

-dhi-

9 thoughts on “Motto..

  1. Haha.. singkat jelas tepat padat banget w,,
    Gudluck buat “mainan anak desa” lu tu… gw pengen liat jadinya gimana.. Fotoin lah!!

  2. nice..:D

    Apapun yang lu lakukan, awali dengan doa, jalani dengan niat dan akhiri dengan tekad, di.. Sukses selalu

    Regards,

    Sebastian Romuli

  3. di….it’s a great blog….inspiring n refreshing…byk kegiatan yg wa ga ikutin juga….but overall…..just want to say… keep growing in HIm yakzz……praying for u here that ur life will be blessings to people…n keep maximizing the potential within u including the writing skillss…….n photography of course…..

    di, wa punya satu cita2, wa akan foto2 sebelum wa lulus uph di semua gedung n tempat….n u blajar yg baik yah, tar u yg foto2in wa…hehehehe…..ini bukan saran, tp mesti dilakukan…..wa akan tagih lho…hehe….

    cia you sist……
    john 8:11…Filipi 4:8

  4. Wuw…….. tulisanx keren n menginsprsi bgt. sukses yua bwt kamu. aq jg ank t.industri n tulisan km bkn qta jd spirit lga sukses terus……….^_^

Leave a Reply

