Sekolah Kehidupan #4

Kenal, Teman, Sahabat, dan Persahabatan


KENAL atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut KNOW. Artinya : have developed a relationship with (someone) through meeting and spending time with them; be familiar or friendly with; recognize; be familiar or acquainted with; have personal experience of (an emotion or situation).

TEMAN atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut FRIEND. Artinya : a person whom one knows and with whom one has a bond of mutual affection; a person who is not an enemy or who is on the same side.

SAHABAT atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut BEST FRIEND. Artinya : closest or favourite friend.

PERSAHABATAN atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut FRIENDSHIP. Artinya : the emotions or conduct of friends; the state of being friends.

Definisi diatas adalah definisi-definisi menurut kamus. Definisi TEMAN menurut diriku cukup mudah dan sangat singkat, yaitu : semua orang yang kita kenal. Kenal disini berarti semua orang sampai ada yang menjadi berubah menjadi MUSUH, tetapi hal itu amat sangat dihindari. Buat apa sih kumpulin musuh?.

Harus diakui, tulisan kali ini terinspirasi dari kisah nyata. Kisah yang dimulai dari pertanyaan iseng ‘eh, lu temennya si X yah?’. Lalu akhirnya pembicaraan bergulir dan akhirnya diketahui bahwa kami satu almamater. Setelah pembicaraan-pembicaraan berikutnya, ternyata sama-sama suka membaca dan menulis. Lalu dimulailah saling memberikan komentar atas notes-notes yang dibuat disalahsatu jejaring sosial. Dilanjutkan dengan pembicaraan yang bervariasi, dimulai dari topik yang ringan dan lucu, topik yang memeras otak, topik yang memancing emosi dan perasaan, dan topik-topik lainnya yang harus disetujui kedua belah pihak untuk dibahas lebih lanjut.

Lantas topik yang dilemparkan olehnya hari ini adalah definisi-definisi tahu, kenal, teman, dan sahabat. Berikut ini adalah definisi-definisi yang dikemukakan olehnya.

Tahu, saya tahu orang itu tapi orang itu tidak tahu saya. Contohnya seperti kita mengetahui artis-artis terkenal, tetapi artis-artis tersebut tidak mengetahui keberadaan kita.

Kenal, mengenal satu sama lain, pernah bertatapan muka, namun tidak ada interaksi lebih lanjut. Contohnya seperti teman satu angkatan yang tidak pernah berbicara dengan kita, tapi kita mengetahui wajah dan namanya.

Teman, mengikutsertakan emosi dan berinteraksi lebih banyak.

Sahabat, ada ikatan yang tidak dapat didefinisikan oleh kata-kata, orang diluar keluarga yang selalu berada di belakang kita, yang siap menopang kita pada saat kita jatuh dan yang mendorong kita untuk bangkit kembali. Walaupun secara fisik berjauhan, secara psikologis orang tersebut akan berada di dekat kita.

Perasaan-perasaan yang terlibat dalam hubungan sahabat tersebut selanjutnya akan disebut persahabatan. Berarti perasaan-perasaan yang terlibat dalam hubungan dengan teman dapat kita sebut dengan pertemanan dong?

Sampai tulisan ini diturunkan, kami belum pernah bertatap muka. Kami pun lantas bingung dengan definisi-definisi, lalu akhirnya sepakat bahwa kami adalah teman dari dunia maya. Baginya, aku adalah orang pertama yang berada di area teman melalui dunia maya. Bagiku, dirinya adalah orang pertama yang mendapatkan kepercayaan seorang teman melalui dunia maya. Kesimpulan yang diambil olehnya ‘hubungan kita anomali, keanomalian yang gak usah dipikirkan karena cuma bikin kepala jadi botak tanpa ada gunanya. Disyukuri aja apa yang sudah terjadi selama yang terjadi tidak membawa keburukan.’

Anomaly is something that deviates from what is standard, normal, or expected.

Moral of the story :

Anomali tidak selamanya buruk. Di dalam hidup kita pasti ada beberapa bahkan banyak anomaly yang bahkan bisa merubah hidup kita baik cara memandang maupun cara menghadapi hidup.

PS : kamus yang dipakai adalah kamus bawaan dari salah satu produsen laptop.

Advertisements

One thought on “Sekolah Kehidupan #4

  1. Pingback: 2 Oktober 2010 « Audi’s Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s