selamat makin tua, Kaleng!

Apa sih yang terlintas bila mendengar kata “ulang tahun”? Umumnya secara spontan kita akan mengucapkan beberapa kata seperti “kado”, “traktir”, “makan-makan”. Lebih spesifik lagi, biasanya kita tidak meminta kado, apalagi tahu apa kadonya. Maka disini terjadilah anomali dunia perkadoan antara diri gw dan seorang teman gila gw bernama William Kalengkongan.

 

Semua dimulai dari tanggal 31 Oktober 2010. Gw lagi tidur-tiduran sambil baca buku trus iseng liat hp, baca e-mail, fb, twitter, bbm (tipikal orang yang lagi gak ada kerjaan), tiba-tiba nama si dudul ini muncul, ngagetin orang aja. Gw angkat teleponnya tapi yang gw denger cuma suara cengengesan gak jelas.. Intinya dia mengucapkan happy birthday sebelum waktunya, dudul..

 

Trus beberapa hari kemudian tiba-tiba jadi tercetus ide gila, gw nodong kado ulang tahun. Sebagai timbal baliknya, ini kado ulang tahun untuk kaleng, sesuai dengan permintaan dirinya.

 

GETTING TO KNOW KALENG

Wajah kaleng itu cukup eksis di dunia kampus. Wajar lah soalnya dia selalu nongol di semua acara Senat. Familiar dengan mukanya walau sebenarnya gw gak pernah tau itu orang siapa sih. Yang gw tau, tu orang tinggi bener, kurus, ceking, kayak galah dan dia anak Senat. That’s it.

 

Suatu hari kita berada dalam workshop yang sama, dia sebagai peserta, gw sebagai panitianya. Gw gak terlalu inget gimana detailnya. Yang gw inget cuma, gw iseng pinjem kamera SLR nya dia untuk nyoba motret dan sepertinya gagal total.

 

Di lain kesempatan akhirnya sama-sama menjadi panitia suatu acara Senat, Pasar Jajanan Rakyat. Suatu hari akhirnya tercetus ide hunting foto bersama teman-teman yang lain. Pergi ke pasar ikan, ke petak sembilan lalu akhirnya ke ragunan dan ditutup dengan dinner di PIM. Sepanjang hunting itu konyol-konyolan dah, kata-kataan, bego-begoan, pembodohan otak lah. Hahaha..

 

Pas gw insomnia, ini manusia juga ternyata tidurnya subuh terus. Jadilah sering sharing foto di YM, chatting sampai pagi, ngebahas dari hal-hal penting sampai gak penting. Trus begitu mulai ganti apel coak mulai pada belagu deh, abis YM nya gak bisa sharing foto.

 

Sejak dia sekolah di Melbourne, dua tahun yang lalu, ada aja lah peristiwa konyol-konyolannya. Chatting sambil ngedit foto, minta celaan buat foto (*baca: minta masukan), saat suasana hati gak jelas, gak tau mau ngapain, gak pengen ngapa-ngapain, tukeran lagu, tukeran “must seen movie list”, sampai ngajak ngobrol dengan topik berat dan gila pagi-pagi buta.

 

Kalian yang kenal kaleng dari yang gak jelas mau ngapain sampe ke Kaleng yang tau pasti apa yang dia mau, pasti menjadi saksi bisu evolusi manusia ini. Kalian pasti tau seberapa easy going, seberapa cuek tapi care, seberapa melankolisnya dia, seberapa konyolnya dia tapi kadang bisa jadi yang romantis abis, seberapa gak jelasnya kaleng tapi kalo udah ngejer sesuatu pasti dikejer abis-abisan. Tapi semuanya itu yang membuat dia menjadi kaleng yang sekarang.

 

Kadang gw yang dengerin ceritanya tuh sampe bisa kebawa suasana. Dia mampu membuat orang-orang di sekelilingnya dia untuk merasakan apa yang dia rasakan. Tak jarang dia juga bisa menyimpan ide-ide gilanya lalu tiba-tiba muncul dengan hasil yang luar biasa.

 

Kaleng itu ibarat kotak musik, dia bisa memutar lagu yang tak terduga. Orang yang penuh kejutan. Saking penuh kejutannya, isengnya bisa gak ketulungan. Orang yang care dengan cara “cuma kaleng yang tahu caranya”. Dia bisa tiba-tiba bilang “lu harus nonton Baraka, dhi” sampai semua link ke Baraka juga dikasih lengkap. Kalo udah passionate sama sesuatu, dia bisa punya drive yang luar biasa besar. Patut diacungi jempol dan patut dicontoh. Ohh, perfeksionisnya!

 

Well, actually I don’t what to write anymore. Many crazy things happened, haha. Once again leng, happy birthday! All the best for your future, your dreams will come true, and good luck for everything. Hopefully you’re “safe” from all of the threads you had received yesterday. Hahaha.. Happy birthday!

 

Ps: I’m looking forward for my birthday present! 😀

 

2 thoughts on “selamat makin tua, Kaleng!

Leave a Reply

