Air Terjun Cibeureum

Setelah blog ini mati suri kurang lebih delapan bulan, mari kita menulis pengalaman yang menyenangkan terlebih dahulu. Beberapa wacana untuk kemping, hiking, trekking dan sejenisnya sudah sering terlontar, namun tak ada yang terealisasi. Lalu akhirnya dalam waktu kurang dari seminggu akhirnya wacana tersebut berubah menjadi kenyataan. Trekking ke air terjun Cibeureum di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, 6-7 Juli 2013.

Awalnya ada enam orang yang akan berangkat, namun akhirnya bersisa tiga plus satu. Dua orang berangkat dari Jakarta menggunakan Commuter Line sampai stasiun Bogor dan bertemu dengan satu orang lagi yang berdomisili di Bogor. Kecewa karena jajanan di sekitar stasiun sudah tidak ada, akhirnya kami sarapan di KFC di seberang stasiun. Dari situ naik angkot menuju terminal Baranangsiang, lanjut menggunakan angkot menuju Cisarua. Jalur satu arah untuk naik ke Puncak belum dibuka, akhirnya angkot yang kami tumpangi mencari jalan alternatif yang ternyata memutar cukup jauh. Tiba di Cisarua sudah hampir tengah hari, maka kami putuskan untuk makan sate ayam dulu di Sate Haji Kadir. Lalu melanjutkan perjalanan menuju Cibodas dan akhirnya naik angkot terakhir sampai di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Setibanya disana, kami memutuskan untuk mencari penginapan terlebih dahulu. Tadinya pilihan pertama kami adalah Wisma Jamur, ternyata bangunannya sudah rata dengan tanah. Akhirnya kami memutuskan untuk bermalam di Wisma Fika. Gunung Gede Pangrango menyapa dari jauh begitu kami berdiri di depan pintu kamar. Rasanya tak akan beranjak dari depan pintu bila dinginnya tidak begitu menusuk tulang. Setelah istirahat sebentar, kami memutuskan untuk jalan-jalan ke parkiran lalu ke pintu masuk dan pusat informasi TNGGP, duduk-duduk disana. Hari semakin sore dan udara semakin dingin, akhirnya kami kembali ke parkiran. Duduk dan menyantap mie rebus di salah satu warung sambil ngobrol. Angin semakin kencang dan akhirnya kami pindah tempat ke warung nasi Mang Idi 2 di dekat penginapan untuk makan malam lalu kembali ke kamar. Tak lama seorang teman baru bergabung, dia nyetir motor sendirian dari Bekasi Timur ke Cibodas. Luar biasa. Akhirnya ngobrol-ngobrol sampai tengah malam lalu kami tidur.

Keesokan paginya masih dengan muka-muka bantal karena kurang tidur, membuka pintu kamar dan melihat Gunung Gede Pangrango sudah disinari oleh cahaya matahari sehingga pepohonan di gunung berwarna kekuningan. Akhirnya kami jalan ke parkiran mencari sarapan, bubur ayam. Lalu jalan perlahan menuju pintu masuk pendakian. Target kali ini adalah sampai di air terjun Cibeureum tanpa istirahat, trekking perlahan dengan kecepatan konstan. Melewati Telaga Biru, Pos Panyangcangan dan akhirnya air terjun. Sebenarnya ada tiga air terjun disana, namun yang debit airnya paling deras adalah air terjun Cibeureum. Di sebelah kanannya, Cidendeng, dan yang paling kanan adalah Cikundul. Angin pagi itu cukup kencang sehingga air dari air terjun pun ikut terbawa angin. Setelah melihat air terjun, berfoto ria dan basah kuyup, kami duduk di dekat tugu untuk mengeringkan badan sambil ngemil. Salah seorang teman bahkan tertidur di bebatuan membelakangi matahari supaya bajunya kering. Perjalanan turun ke pusat informasi tidak selama pada saat naik, mungkin karena tubuh sudah beradaptasi dengan udara sekitar.

Pada saat trekking mendengarkan suara burung-burung berkicau, riak air dan pepohonan hijau ternyata sangat menyenangkan. Saya hampir tidak rela untuk pulang demi menikmati suasana itu lebih lama. Hal tersebut bisa dijadikan alasan untuk kembali ke TNGGP di kemudian hari.

Perjalanan turun gunung dari Cibodas kembali ke Bogor pun relatif cukup cepat karena satu arah turun. Sampai di Bogor, kami nonton Despicable Me 2 di Botani Square. Bertiga bawa-baca backpack di dalam mal mungkin jadi pemandangan yang cukup aneh, tapi ya itulah yang terjadi.

Ayo kapan kita jalan-jalan lagi?